10 Manfaat Buah Tomat untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Mencegah Bayi Lahir Cacat

manfaat buah tomat untuk ibu hamil

Tomat termasuk buah yang memiliki manfaat baik untuk ibu hamil. Buah berwarna merah, berair, dan banyak biji ini bisa ibu makan secara langsung atau mengolahnya menjadi jus. Bahkan, tomat bermanfaat sebagai masker wajah, lho!

Apa lagi manfaat buah tomat lainnya, khususnya untuk ibu hamil? Agar lebih jelas, berikut penjelasan seputar manfaat buah tomat tw untuk ibu hamil.

Nutrisi dalam buah tomat

Tomat mengandung banyak nutrisi yang ibu hamil perlukan untuk menunjang perkembangan janin.

Berdasarkan keterangan dari Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram tomat memiliki kandungan gizi berikut.

  • Air: 92,9 mililiter (mL)
  • Energi: 24 kalori
  • Protein: 1,3 gram (gr)
  • Serat: 1,5 g
  • Kalsium: 8 mL
  • Fosfor: 77 miligram (mg)
  • Kalium: 164,9 mg
  • Seng: 0,2 mg
  • Vitamin C: 34 mg

Biasanya, saat mengolah tomat menjadi bahan masakan, warnanya akan berubah menjadi oranye atau kekuningan.

Beragam manfaat tomat untuk ibu hamil

Terlepas dari jenis dan ukuran tomat yang ada di pasaran, semuanya menawarkan segudang khasiat yang baik untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Berikut berbagai manfaat buah tomat yang tidak boleh ibu lewatkan selama masa kehamilan.

Melancarkan penyerapan zat besi

Bila melihat keterangan di atas, tomat tinggi kandungan vitamin C. Setidaknya, dalam 100 g tomat mengandung 34 mg vitamin C.

Semakin banyak jumlah vitamin C yang ada dalam tubuh, semakin lancar penyerapan zat besi yang ibu butuhkan selama masa kehamilan.

Mengutip dari Center for Disease Control and Prevention (CDC), ibu hamil yang kekurangan zat besi berisiko membuat bayi lahir cacat dan berat badan lahir rendah (BBLR).

Membantu pembentukan tulang dan gigi

Tomat juga memiliki manfaat untuk membantu pembentukan tulang dan gigi ibu hamil serta janin. Jumlah vitamin C yang tinggi juga membantu pembentukan kulit.

Tidak hanya itu, kandungan kalsium dan fosfor dalam tomat juga berperan dalam membentuk dan menguatkan tulang dan gigi ibu serta bayi. Setidaknya dalam 100 gram tomat mengandung 77 mg fosfor dan 8 mg kalsium.

Kalsium juga berperan dalam mengurangi risiko hipertensi saat hamil sampai preeklampsia. Mengingat tubuh tidak bisa menghasilkan kalsium, ibu perlu asupan dari luar. Selain dari tomat, ibu bisa minum suplemen kalsium tambahan.

Melancarkan pencernaan

Selayaknya buah-buahan lainnya, kandungan serat yang ada di dalam tomat memiliki manfaat untuk membantu melancarkan pencernaan ibu hamil.

Selama masa kehamilan, tidak jarang ibu mengalami berbagai gangguan perut atau masalah pencernaan, sebut saja sembelit saat hamil yang membuat ibu tidak nyaman.

Setiap 100 g tomat, mengandung 1,5 g serat. Jumlah serat yang tidak sedikit ini bisa membantu mendorong gerak peristaltik otot-otot pencernaan.

Serat juga memberikan cukup cairan untuk pencernaan makanan hingga melancarkan pembuangan sisa makanan atau feses sampai keluar dari tubuh.

Itulah mengapa makan tomat saat hamil bisa membantu mengatasi sembelit, diare, serta mencegah kanker kolorektal.

Mengurangi risiko pembekuan darah

Tomat mengandung likopen dalam jumlah yang tinggi. Likopen adalah antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Radikal bebas penyebab kanker misalnya kanker serviks, kanker prostat, kanker lambung, kanker kerongkongan.

Berdasarkan penelitian terbitan Annals Of Nutrition And Metabolism, likopen membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Tomat memberikan perlindungan pada lapisan dalam pembuluh darah dan bisa menurunkan risiko pembekuan darah.

Mencegah komplikasi kehamilan

Kandungan kalium dalam tomat memiliki manfaat untuk mencegah masalah ibu hamil, seperti preeklampsia. Preeklampsia adalah komplikasi kehamilan yang sering ibu hamil alami.

Salah satu penyebab preeklampsia, yaitu gangguan pada perkembangan plasenta serta peningkatan tekanan darah.

Pada 100 gram tomat mengandung 164,9 mg kalium yang dapat meningkatkan aliran darah sekaligus menurunkan tekanan pada jantung. Kondisi tersebut bisa membuat tekanan darah tinggi lebih stabil secara perlahan.

Untuk mendapatkan tomat dengan kualitas terbaik, selalu pastikan kamu membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan tomat juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhatikan Ini Sebelum Memilih Jasa Sewa Gudang Terbaik